Explore tengklik – Desa Tengklik Tawangmangu- Karanganyar

Home » Kondisi Geografis » Kondisi Geografis

Kondisi Geografis

Desa Tengklik berada pada jarak 27 km dari pusat kota kabupaten Karanganyar. Dengan luas wilayah 810, 7810 ha, desa ini memiliki tipologi yang cocok digunakan untuk persawahan, perladangan, perkebunan dan peternakan.  Menjadi bagian dari kecamatan Tawangmangu, desa tengklik termasuk kedalam kawasan dataran tinggi sehingga suhu rata- rata cenderung dingin.  Dengan kondisi geografis yang demikian, desa tengklik merupakan salah satu desa yang memiliki potensi agraris yang cukup memadai.

Berbatasan langsung dengan kecamatan ngargoyoso, di desa ini terdapat jalan alternatif menuju kawasan wisata telaga mandirdo dan candi sukuh. Banyak wisatawan domestik dan asing yang menggunakan jalur ini untuk mencapai kawasan wisata tersebut. Jalur alternatif ini dianggap menyajikan pengalaman travelling yang berbeda dibandingkan jalur lainnya. Selain pemandangan alam yang dapat membikin takjub, para wisatawan juga diajak untuk melalui jalan desa yang sempat amblas beberapa waktu lalu.

Ada empat dusun yang termasuk kedalam wilayah desa tengklik. Paling sebelah barat adalah dusun salere yang dilanjutkan dengan dusun sodong dan dusun guyon hingga berakhir di dusun plalar di ujung timur wilayah desa. Aksesibilitas menuju keempat dusun telah dapat dilalui kendaraan beroda dua maupun empat meski kontur jalan desa agak berbukit.

[Untitled] - Google Maps

Berikut adalah batas wilayah desa tengklik:

Sebelah utara    : Ds. Berjo, Ngargoyoso

Sebelah Selatan  : Kel. Tawangmangu, Nglebak

Sebelah Barat    : Ds. Plumbon

Sebelah Timur   : Kel. Kalisoro


Leave a comment